--> KUMPULAN MAKALAH | Deskripsi Singkat Blog di Sini

Berbagi Tugas Sekolah Makalah dan Referensi

Wednesday, December 09, 2015

no image

MAKALAH TENTANG: PERANAN PENDIDIKAN DAN PROSES ISLAMISASI


DAFTAR ISI

Daftar Isi                                                                                                         Halaman
A.    Pendahuluan ……………………………………………………….......         1
B.     Pengertian Peranan Pendidikan Islam
Dalam Proses Islami ………………………………………………......          1
C.     Pembangunan Kualitas Manusia Indonesia ……………………….........          8
D.    Proses Penyebaran Agama Islam Indonesia ……………………….......           9
E.     Proses Islamisasi Di Indonesia …………………………………….......         10
F.      Era Globalisasi ……………………………………………………......         11
G.    Kesimpulan ……………………………………………………….......         11
Daftar Kepustakaan

PERANAN PENDIDIKAN ISLAM  DALAM PROSES ISLAMISASI
A.    Pendahuluan
Kandungan materi pelajaran dalam pendidikan Islam yang masih berkutat pada tujuan yang lebih bersifat ortodoksi diakibatkan adanya kesalahan dalam memahami konsep-konsep pendidikan yang masih bersifat dikotomis; Yakni pemilihan antara pendidikan agama dan pendidikan umum (sekular), bahkan mendudukkan keduanya secara diametral.
Kehadiran pendidikan Islam, baik ditinjau secara kelembagaan maupun nilai-nilai yang ingin dicapainya-masih sebatas memenuhi tuntutan bersifat formalitas dan bukan sebagai tuntutan yang yang bersifat substansial, yakni tuntutan untuk melahirkan manusia-manusia aktif penggerak sejarah.
Dalam perkembangan pendidikan Islam telah melahirkan dua pola pemikiran yang kontradiktif. Keduanya mengambil bentuk yang berbeda, baik pada aspek meteri, sistem pendekataan, atau dalam kelembagaan sekalipun,sebagai akumulasi dari respon sejarah pemikiran manusia dari masa ke masa terhadap adanya kebutuhan akan humanisasi.
B.     Pengertian Peranan Pendidikan Islam Dalam Proses Islamisasi   
Ada beberapa saluran proses saluran Islamisasi di Indonesia yaitu, pergadangan, perkawinan, kesenian, sufisme, dan pendidikan. Pembahasan ini akan lebih melihatnya dari peranan pendidikan dalam proses isalamisasi.
Sementara itu Fachry Ali dan Bakhtiar Effendy menguraian setidak-tidaknya terdapat tiga factor utama yang ikut mempercepat proses penyebaran Islam di Indonesia, yaitu:
1.      Karena ajaran Islam melaksanakan prinsif ketauhidan dalam sistem ketuhananya, suatu prinsip yang secara tegas menekankan ajaran Tuhan yang Maha Tunggal.
2.      Karena daya lentur (Fleksibel)  ajaran Islam dalam pengertian bahwa ia merupakan kodifikasi nilai-nilai yang universal.
3.      Pada gilirannya nanti, Islam oleh masyarakat Indonesia dianggap sebagai suatu institusi yang amat dominan untuk menghadapi dan melawan ekspentasi pengaruh Barat yang melalui kekuasaan-kekuasaan bangsa Portugis kemudian Belanda, mengobarkan penjajah dan menyebarkan agama Kristen.
Prof. Mahmud Yunus lebih memperinci tentang faktor-faktor mengapa agama Islam dapat tersebar dengan cepat diseluruh Indonesia pada masa permulaan, yaitu:
ü  Agama Islam tidak sempit dan Tidak berat melakukan aturan-aturannya, bahkan mudah dituruti oleh segala golongan umat manusia, bahkan untuk masuk Islam cukup dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.
ü     Sedikit tugas dan kewajiban islam
ü     Penyiaran Islam itu dilakukan dengan cara berangsur-angsur sedikit demi sedikit
ü    Penyiaran Islam itu dilakukan dengan cara kebijaksanaan dan cara sebaik-baiknya
ü  Penyiaran Islam itu dilakukan dengan dengan perkataan yang mudah dipahami umum, dapat dimengerti oleh golongan bawah sampai kegolongan atas, yang sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang bermaksud: Berbicaralah kamu dengan manusia menurut kadar akal mereka.
Itulah beberapa faktor yang menyebabkan mudahnya proses Islamisasi ke pulauan Nusantara,sehingga pada gilirannya nanti jadi agama utama dan mayoritas di negeri ini.
Tentang proses pembentukan dan pengembangan masyarakat Islam yang pertama melalui bermacam-macam kontak, misalnya kontak jual beli, kontak perkawinan dan kontak dakwah langsung, baik secara individual maupaun kolektif.
Dari situlah semacam proses pendidikan dan pengajaran Islam, meskipun dalam bentuk yang sangat sederhana. Materi pelajarannya yang pertama sekali syahadat. Sebab barang siapa yang sudah bersahadat berarti seseorang sudah menjadi Islam.
Pengajar-pengajar Islamyang mula-mula mengembangkan agama Islam (Pendidikan Islam adalah dengan cara berangsur-angsur dan mudah, sedikit demi  sedikit, pendeknya bila seseorang mengucapkan dua kalimat syahadat, mengakui rukun iman yang enam dan rukun Islam yang lima, telah dianggap sebagai seorang muslim.
Berbicara tentang pendidikan tentu sebaiknya dimulai dari membicarakan apa sebetulnya esensi pendidikan tersebut. Dipandang dari sudut defenisi pendidikan yang dikemukakan oleh para pakar pendidikan, dari sekian banyak itu banyak diambil kesimpulan bahwa hakikat pendidikan itu adalah proses pembentukan manusia ke arah yang dicita-citakan. Dengan demikian, pendidikan Islam, Proses pembentukan manusia sesuai dengan tuntunan Islam.
Dalam teori pendidikan dikemukakan paling tidak ada tiga halt yangditransferkan dari si pendidik kepada terdidik, yaitu transfer ilmu, transfer nilai, dan transfer perbuatan (Tranfer of knowledge, transfer of skill) di dalam proses pentransferan inilah berlangsungnya pendidikan.
Disebabkan itulah proses pendidikan itu bisa berlangsung secara formal, nonformal dan informal. Bila pendidikan itu diatur, dilaksanakan dengan pengaturan yang ketat seperti lamanya belajar, materi pelajaran, waktu, tingkatan, umur, pendidik, sertifikat, dan lain sebagainya hal seperti ini dapat disebut sebagai pendidikan formal. Selain itu ada juga proses pendidikan itu yang tidak    diatur sedemikian rigitnya seperti yang disebut terdahulu, maka hal itu dapat disebut sebagai pendidikan nonformal. Disamping itu ada pula jenis pendidikan yang lebih memberikan kepada proses pergaulan yang mendalam yang bersifat mempribadi antara sipendidik dengan siterdidik, seperti hubungan orang tua, tanpa disengaja dan dirancang menumbuhkan nilai-nilai (Value) kepada anaknya, hal yang seperti ini digolongkan kepada pendidikan informal.
Berdasarkan ungkapan diatas, dapat dimaklumi betapa luasnya ruang lingkup pendidikan, sehingga setiap perbuatan yang pada intinya pentrasperan ilmu, nilai, aktivitas, dan keterampilan dapat disebut dengan pendidikan.
Jika demikian, pemahaman yang diberikan terhadap pendidikan, maka para pedagang atau mubaligh tersebut adalah pendidik sebab mereka melaksanakan tugas-tugas kependidikan. Dengan demikian, dapat pula dimaklumi bahwa pendidikan adalah kunci utama dalam proses Islamisasi yang efektif di Indonesia.
Untuk mencari makna dan hakikat pendidikan, maka perlu dicari cirri-ciri esensial aktiviats pendidikan, sehingga dapat dipilih mana aktivitas pendidikan dan mana yang bukan, untuk perlu dicari unsur pemberi dan penerima. Unsur pemberi dan penerima. Unsur pemberi dan penerima baru bermakna pendidikan kalau dibarengi unsur kejuan yang baik tiga, yaitu adanya tujuan baik. Jika hanya hubungan pemberi dan penerima yang ada ini belum dapat dikatakan aktivitas pendidikan, tanpa dibarengi tujuan baik, sebab hubungan antara penjual dan pemberikan majikan dan buruh, juga adalah hubungan antara pemberi dan penerima dan hubungan seperti itu belum dikatakan aktivitas pendidikan.
Unsur berikutnya yakni unsur ke empat cara atau jalan yang baik. Hal ini terkait nilai. Selanjutnya unsur kelima adalah konteks yang positif. Upaya pendidik adalah menumbuhkan konteks positif dengan menjauhi konteks negatif.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dari unsur dasar tersebut, pendidikan dapat diteruskan sebagai aktivitas yang yang teraktif antara pendidik dan subjek didik untuk mencapai tujuan baik dengan cara baik dan konteks positif. Dengan demikian, pendidikan Islam di Indonesia ini telah berlangsung sejak masuknya Islam ke Indonesia, dan dengan demikian pula pendidikan Islam telah memainkan peranannya dalam proses, Islamisasi di Indonesia.
Peranan kerajaan-kerajaan Islam dalam mendorong berkembangnya pemikiran Islam dapat diambil sampelnya kerajaan Islam di Sumatera, yaitu  Aceh dan kerajaan Islam di Jawa yaitu Mataram.
Peranan kerajaan Islam di Aceh dalam bidang pendidikan dapat dilihat dalam tulisan Hasjmy “kebudayaan Aceh Dalam Sejarah”. Beliau mengemukakan di antara lembaga-lembaga Negara yang tersebar dalam Qanun Meukuta Alam ada tiga lembaga yang bidang tugasnya meliputi masalah pendidikan dan ilmu pengetahaun, yaitu:
1.      Balai Setia Hukama
Balai ini dapat disamakan dengan lembaga ilmu pengetahuan tempat berkumpulnya para sarjana, hukum (ahli piker) untuk membahas dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Yaitu:
1.      Balai Setia Hukama
Balai ini dapat disamakan dengan jawatan pendidikan yang membahas dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
2.      Balai Setia Ulama
Balai ini dapat disamakan dengan jawatan pendidikan yang membahas masalah pendidikan.
3.      Balai Jamaah Himpunan Ulama
Balai ini dapat disamakan studi klub tempat para ulama/sarjana untuk bertukar pikiran membahas masalah-masalah pendidikan dan Ilmu pengetahuan.

Dalam bidang pendidikan Islam, perhatian Sultan Agung cukup besar. Pada zaman itu telah dibagi tingkatan-tingkatan pesantren itu kepada beberapa tingkatan, yaitu:
Ø Tingkatan pengajian Alqur’an, tingkatan ini terdapat pada setiap desa, yang diajarkan meliputi hurup hijaiyah, membaca Al-quran berzanji, Rukun Islam dan Rukun Iman.
Ø Tingkatan pengajian Kitab. Para santri belajar pada tingkat ini ialah mereka yang telah khotam Alquran. Tempat belajar biasanya diserambi masjid dan mereka umumnya mondok. Guru yang mengajar disini diberi gelar Kiyai Anom.
Ø Tingkat pesantren besar. Tingkat ini didirikan didaerah kabupaten sebagai sebagai lanjutan Kitab-Kitab yang diajarkan disini adalah kitab-kitab besar dalam bahasa Arab, lalu diterjemahkan kedalam Bahasa Daerah. Cabang-cabang ilmu yang diajarkan adalah Fiqih,Tafsir, Hadist, Ilmu Kalam, Tasawuf dan sebagainya.
Ø Pondok Pesantren tingkat keahlian (Takhassus). Ilmu yang dipelajari pada tingkat ini adalah satu cabang ilmu dengan secara mendalam. Tingkat ini adalah tingkat spesialisis.
            Dan adapun peranan ilmu pendidikan menurut Ahmad dan Uhbiyati (1991:76-77). Mengemukakan pentingnya mempelajari ilmu pendidikan sebagai berikut:
1.   Untuk mengembangkan individu
      Seperti diketahui bahwa manusia sebagai mahluk berbudaya dapat mengembangkan dirinya sendiri sedemikian rupa sehingga mampu membentuk norma dan tatanan hidu yang didasari oleh nilai-nilai ilmu kesejahteraan hidup, perorangan maupun untuk kehidupan bersama.
2.   Bagi pendidik
Pengetahuan tentang pendidikan di dalam pendidikan tersebut menjadi pendoman, pengontrol atau pengawas bagi pendidik yang calon pendidik.
      Dengan memahami pendidikan, maka setiap pendidikan dapat:
a.       Memudahkan praktek pendidikan
b.      Menimbulkan rasa kecintaan pada diri pendidik terhadap tugasnya.
c.       Dapat memahami banyak kesukaran dan kesalahan praktek pendidikan.
                            Selain itu, bila diperhatikan dalam praktek pendidikan maka ilmu pendidikan melaksanakan peranan sebagai berikut:
·         Peranan Spesialisasi
Peranan bermaksud bahwa ilmu pendidikan yang menyediakan materi bidang ilmu dan perangkat pengetahuan yang wajib dikuasai oleh calon guru sebagai tenaga kependidikan.
·         Peranan Profesional
Dalam hal ini ilmu pendidikan merupakan alat dalam kerangka sistem penyampaian yang perlu dikuasai oleh setiap calon pada umumnya.
·         Peranan Personalisasi
Peranan kaitan ini ilmu pendidikan akan membentuk kepribadian guru sebagai warga Negara yang baik dan sebagai anggota profesi yang baik. Peranan yang baik harus didasari oleh aspek normatif yang dimiliki oleh ilmu pendidikan atau sendiri.
·         Peranan Sosial
Ilmu pendidikan menyediakan kemungkinan bagi setiap guru memberikan pengabdiannya kepada masyarakat dalam bidang ilmu pendidikan. Dalam hal ini pengadilan dimaksudkan sebagai usaha memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat     ( Hamalik, 1989:5)
                Keempat peranan tersebut diatas pada hakikatnya berjalan sama-sama saling terkait satu sama lain, penguasaan spesialisasi ilmu pendidikan sekaligus memberikan petunjuk tentang kemampuan propesional yang menjadi syarat dalam membentuk calon guru maka  ilmu akan bermanfaat bagi proses pendidikan menjadikan calon guru fungsional dan efektif.
                Islamisasi dalam arti neo-modernis, bertolak dari landasan metodologis sebagai berikut : (1) Persolan-persoalan kontemporer umat Islam harus dicari penjelasannya dari tradisi, dari hasil ijtihat para ulama terdahulu hingga sunnah, yang merupakan hasil penafsiran terhadap al-qur’an; (2) Bila dalam tradisi tidak ditemukan jawabannya yang sesuai dengan tuntutan masyarakat kontemporer, maka selanjutnya menelaah konteks sosiohistoris dari ayat-ayat. Alquran yang dijadikan sasaran ijitihat ulama tersebut;(3) Melalui telaah historis akan terungkap pesan moral ALquran sebenarnya, yang merupakan etika  moral social Alquran;(4) Dari etika sosial Alquran itu kemudian diturunkan dalam konteks umat sekarang dengan bantuan hasil-hasil studi yang cermat dari ilmu pengetahuan atas persoalan yang dihadapi umat tersebut: (5) Fungsi Alquran disini bersifat evaluatif, legitimatif hingga member pendasaran dan arahan moral terhadap persoalan yang akan ditanggulangi (Muzani, Ed, 1993).
                Islamisasi pengetahuan, dengan demikian, mengandung makna mengakaji dari mengkritis ulang terhadap produk ijitihad dari para ulama dan juga produk-produk ilmuan no muslim terdahulu di bidang ilmu pengetahuan, dengan cara melakukan verifikasi atau falsifikasi agar ditemukan relavan atau tidaknya pandangan, konsep, teori-teori mereka dengan nilai-nilai universal Islam dalam konteks ruang dan zamannya. Jika relavan, perlu berusaha menggali dan mencari alternatif yang baru dan konteks ruang dan zamannya sesuai dengan pesan-pesan moral dan nilai-nilai universal islam.
                Islamisasi yang dimaksud upaya membangun kembali semangat umat Islam dalam berilmu pengetahuan, mengembangkannya melalui kebebasan penalaran intelekktual dan kajian nasional – emperik atau semangat pengembangan ilmiah (scientific inquri) dan filosofis, yang merupakan perwujudan dari sikap concern, loyal dan komitmen terhadap doktrin-doktrin dan nilai-nilai medasar yang terkadung dalam Al-quran dan Sunnah.
C.     Pembangunan Kualitas Manusia Indonesia
         Hakikat pembangunan sumber daya manusia adalah bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia maka pencepatan pembangunan akan terwujud . Sejarah membuktikan bahwa bangsa-bangsa yang memiliki keunggulan dalam pembangunan, walupun mereka memiliki keunggulan dalam pembangunan, walaupun mereka memiliki kekurangan dalam sumber daya alam.
                Sekarang kita bertanya tentang kualitas apa sajakah yang perlu dimiliki oleh manusia Indonesia? Untuk itu kita perlu merujuk kepada tujuan pendidikan yang terutang dalam undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Di dalam Undang-undang tersebut dikemukakan beberapa kualitas yang di capai:
§  Manusia yang beriman dapat bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa
§  Berakhlak Mulia
§  Sehat, Berilmu, cakap, Kreatif
§  Menjadi warga Negara yang didemokrasikan.
            Untuk mencapai kualitas diatas perlu direncanakan lewat tiga jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal lewat pendidikan yang diandalkan masyarakat misalnya keterampilan dan lain-lain. Jalur pendidikan informal lewat pendidikan di rumah tangga.
Baik secara teologis maupun sosiologis, agama dapat dipandang sebagai instrument untuk memahami dunia. Dalam konteks itu, hamper tak ada kesulitan bagi agama apapun untuk menerima premis tersebut. Secara teologis, lebih-lebih Islam, hal itu dikarenakan oleh watak omnipresent agama. Yaitu, agama, baik melalui symbol-simbol atau nilai-nilai yang dikandungnya “hadir di mana-mana”. Ikut mempengaruhi, bahkan membentuk struktur sosial, budaya, ekonomi dan politik. Dengan ciri itu, dipahami bahwa dimanapun suatu berada, ia diharapkan dapat memberi penduan nilai bagi seluruh diskursus kegiatan manusia-baik yang bersifat sosial budaya , ekonomi, maupun politik. Sementara itu, secara sosiologis, tak jarang agama menjadi faktor penentu dalam prose transformasi dan modernisasi.
1.      Tercapainya tujuan hablum minallah    ( Hubungan dengan Allah)
2.      Tercapainya tujuan hablum Minnanas   ( Hubungan dengan Manusia)
3.      Tercapainya tujuan hablum minal’alam ( Hubungan dengan Alam)
D.    Proses penyebaran agama Islam di Indonesia
            Proses penyebaran agama yang dilakukan di Indonesia dengan cara, yaitu melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, politik, tasawuf, yang kesemuanya mendukung meluasnya ajaran agama Islam.

1.      Perdagangan
      Pada abad ke-7 M, bangsa Indonesia kedatangan para Pedagang Islam dari Arab, Persia. Dan India. Mereka telah ambil dalam bagian dalam kegiatan perdagangan di Indonesia. Hal ini konsekuensinya logisnya menimbulkan jalinan hubungan dagang antara masyarakat Indonesia dan para pedagang Islam. Di samping berdagang, sebagai seorang muslim juga mempunyai kewajiban berdakwah maka para pedagang Islam juga menyampaikan dan mengajarkan agama dan kebudayaan Islam kepada orang lain. Dengan cara tersebut, banyak pedagang Indonesia memeluk Islam dan mereka pun menyebarkan agama Islam dan budaya Islam yang baru dianutnya kepada orang lain. Dengan demikian, secara bertahap agama dan budaya Islam terbesar dari pedagang Arab, Persia, India kepada bangsa Indonesia. Proses peyebaran Islam melalui perdagangan sangat menguntungkan dan lebih efektif dibanding cara lainnya.

2.      Perkawinan
Kedudukan ekonomi dan sosial para pedagang yang sudah menetap makin membaik. Para pedagang itu menjadi kaya dan terhormat, tetapi keluarganya tidak dibawa serta. Para pedagang itu kemudian menikahi gadis-gadis setempat dengan syarat mereka harus masuk Islam. Cara itupun tidak mengalami kesulitan. Misalnya, perkawinan Raden Rahmat (Sunan Ampel) dengan Nyai Gede Manila, putri Tumenggung Wilatikta; Perkawinan antara Raja Brawi, jaya dengan putri Jeumpa yang beragama Islam kemudian berputra Raden Patah yang pada akhirnya menjadi Raja Demak.
3.      Politik
Seorang raja mempunyai kekuasaan dan pengaruh yang besar dan memegang peranan penting dalam proses Islamisasi. Jika raja sebuah kerajaan memeluk agama Islam, otomatis rakyatnya akan berbondong memeluk agama Islam.
4.      Pendidikan
Perkembangan Islam yang cepat menyebabkan muncul tokoh ulama atau mubalig yang menyebarkan Islam melalui pendidikan dengan mendirikan pondok-pondok pesantren. Dan didalam pesantren itulah tempat pemuda pemudi menuntut ilmu yang berhubungan dengan agama Islam.
5.      Seni Budaya
Perkembangan Islam dapat  melalui seni budaya, seperti bangunan (masjid), seni pahat, seni tari, seni music dan seni sastra.
6.      Taswuf
Seorang Sufi Biasa dikenal dengan hidup dalam kesederhanaan, mereka selalu menghayati kehidupan masyarakatnya yang hidup ditengah-tengah masyarakat. Para sufi biasanya memiliki keahlian yang membantu masyarakat dan menyebarkan agama Islam. Para Sufi masa itu diantaranya Hamzah Fansuri di Aceh dan Sunan Panggung Jawa.
      Dengan melalui saluran diatas, agama Islam dapat berkembang pesat dan diterima masyarakat dengan baik pada abad ke -13. Dan faktor-faktor yang menyebabkan Islam cepat berkembang di Indonesia antara lain :
  
·         Syarat masuk Islam hanya dilakukan dengan mengucapkan dua kalimat Syahadat;
·         Tata cara beribadahnya Islam sangat sederhana;
·         Agama yang menyebar ke Indonesia disesuaikan dengan kebudayaan Indonesia;
·         Penyebaran Islam dilakukan secara damai.
E.     Proses Islamisasi Di Indonesia
Proses persebaran Islam di Indonesia berlangsung lancar relati damai. Kelancaran ini dikarenakan syarat-syarat untuk memeluk Islam tidaklah sukar. Seseorang dianggap telah menjadi muslim bila ia mengucapkan dua kalimat syahdat, yaitu pengakuan bahwa “Tidka Ada Tuhan Selian Allah Dan Nabi Muhammad Utusan Allah” Upacara-upacara dalam Islam juga cenderung lebih sederhana dari pada upacara dalam agama Hindu dan Buddha.
F.      Era Globalisasi
Globalisasi adalah proses pertumbuhan Negara-negara maju, yaitu Amerika, Eropa dan Jepang melakukan ekspansi besar-besaran; kemudian berusaha mendominir dunia dengan kekuatan teknologi, ilmu pengetahuan, politik, budaya, militer dam ekonomi.
Pengaruh mereka di segala bidang terhadap Negara-negara baru berkembang untuk maju secara teknis, serta menjadi lebih sejahtera secara material. Sedangkan dampak negatifnya antara lain berupa: (1) munculnya teknokrasi dan tirani yang sangat berkuasa dan;(2) didukung oleh alat-alat modern dan persenjataan yang canggih.

Penutup
G.    Kesimpulan
Sementara itu, secara sosiologi, tak jarang agama menjadi faktor penentu dalam proses transformasi dan modrenisasi.
-          Tercapainya tujuan hablum minallah (hubungan dengan Allah)
-          Tercapainya tujuan hablum minannas (hubungan dengan manusia)
-          Tercapainya tujuan hablum minal,ala( hubungan dengan alam)
Proses penyebaran agama islam di Indonesia
Proses penyebaran agama yang dilakukan di Indonesia dengan cara, yaitu melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, politik, kesenian, tasawuf, yang kesemuanya mendukung meluasnya ajaran agama Islam.

DAFTAR PUSTAKA
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo
           Persada, 1995.
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada:
            2006
Putra Haidar Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Jakarta: Putra Grafindo: 2007
Putra Haidar Daulay, Dinamika Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media,
            2004 ,
Syarifuddin, Ilmu Pendidikan, Bandung: Citapustaka  Media, 2005.
Umar Muhammad At-Toumy Asy-Syaibani,.  Falsafah atTarbiyah al-Islamiyyah. Trabulus: Asy-Syirkah al-Ammah. Bandung: 1975.

Tuesday, December 08, 2015

RAHASIA MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MEMBUAT BLOG

RAHASIA MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MEMBUAT BLOG

            Untuk membuat blog sebenarnya sangat mudah dilakukan…apalagi sekarang banyak sekali para Blogger yang memposting artikel cara membuat blog gratis di Blogspot….Mungkin sekarang agan-agan bertanya apa sih manfaat membuat blog? Dan apa  keutungannya  membuat blog?...sebenarnya jika di jelaskan secara rinci sangat banyak sekali manfaat dan keutungan membuat blog…contoh satu saja saya rincikan di sini mungkin sebagian dari banyak orang ada yang gemar membuat cerpen anggap saja namanya adalah Rini…Rini suka sekali membuat cerpen .. Rini tidak ingin kehilangan cerpen karyanya tersebut …Rini bisa saja menuliskan cerpennya tersebut di Blognya itu…jadi rini kapan saja ingin membaca cerpenya dia hanya tinggal membukanya Lewat blog nya saja  …tanpa harus takut kehilangan buku cerpennya dan masih banyak mamfaat lain lain yang dihasilkan dari blog…
Jika sekarang agan bertanya apa saja sih yang bisa diposting di blog? Jawabanya banyak sekali gan …kalo saran admin sebaiknya agan poting seputar pengetahuan agan ..jika agan mahir buat cerpen, tutorial, artikel kesehatan, maupun artikel lainnya, makalah pendidikan, tentang agama dan lain-lain sebagainya tergantung dari agan sendiri,,,mudah-mudahan yang agan posting bisa bermanfaat bagi agan sendiri juga bagi orang lain.

Banyak juga teman-teman diluar sana yang akhirnya sukses dari penghasilan  pembuatan blog…Nah sekarang agan mulai bertanya kan dari mana pengahasilan membuat blog? Jika diuraikan banyak sekali para Blogger yang mengambil kesempatan di dalam blognya...berikut Uraian penghasilan dari Blog yang admin ketahui….

Yang Pertama Jika agan mahir membuat blog. Blog agan tertata rapi, enak dilihat..isi artikel agan bermanfaat bagi orang lain Dan juga blog agan banyak yang mengunjungi agan bisa mendaftarkan blog agan ke Google Adsense inilah yang paling utama diburu para Blogger ..Apa itu google adsense? Geoogle adsense adalah situs pengiklan berbayar mahal ..dengan sistim perklik…jika blog agan diterima Geoogle adsense jangan heran gan kalo rekening agan akan jadi gendut…hehehe…..

Yang Kedua …jika agan ingin berpenghasilan dari blog agan bisa menerima orang yang ingin membuat iklan di blog agan dengan tarif agan yang menentukan sendiri ,…..Tapi musti dingat gan …biasanya si Target hanya menginkan blog yang rapi dan yang Banyak  pengunjungnya.

Dan yang ketiga …Jika agan sudah ahli membuat blog agan bisa menerima jasa pembuatan blog atau website  …..karena saat sekarang ini banyak sekali para Pengusaha yang ingin mempromosikan barang dagangan mereka lewat internet tetapi mereka tidak sempat membuatnya ataupun mereka belum mahir membuatnya disinilah kesempatan para Blogger mencari keutungan …

Keempat …agan bisa saja menjual blog agan kepada sesama blogger …karena setau admin ….para blogger juga ada yang menginginkan blog Instan …atau yang sudag jadi …dan biasanya tergantung dari isi blog agan saran admin jika agan ingin menjual blog jangan hasil copy paste gan…musti Original atau hasil karya sendiri…  dan jumlah pengunjung yang tinggi biasanya akan dihargai sangat mahal oleh Blogger yang ingin membeli blog agan …. 

Memang masih banyak lagi gan cara mencari uang lewat blog…tapi kali ini yang admin posting mungkin hanya sekedar itu  dulu gan…karena keterbatasan waktu dan pengetahuan admin juga belum banyak….mudah-mudahan postingan admin ini bermanfaat bagi agan-agan yang ingin pengetahuai tentang blog…mudah-mudahan kita bisa berjumpa kembali dipostingan admin selanjutnya...

Monday, December 07, 2015

no image

MAKALAH TENTANG : PERKEMBANGAN TEORI SASTRA

          Kata pengantar

         Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha pengasih lagi Maha penyayang,kami ucapkan puji syukur atas kehadirat-Nya,yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami selaku penulis makalah ini,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang perkembangan teori sastra.
       Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dengan bantuan dari berbagai pihak sehingga memperlancarkan penyusunan makalah ini.terimakasih atas bimbingan dari bapak  Sahrial Hasibuan M.Pd selaku dosen yang membawakan pembelajaran Teori dan Sejarah Sastra
       Terlepas dari semua itu,kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya.oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
        Akhir kata kami berharap semoga makalah tentang  perkembangan teori sastra salah satu landasan untuk memperbaiki pendidikan di sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi sekali pun..


                                                                      PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG                              
       Teori sastra dan sejarah sastra dalam kajian ini lebih mendekatkan pada pendekatan sejarah sastra yang tradisional, prinsip dasar sejarah sastra beberapa faktor yang relevan untuk sejarah sastra, penulisan sejarah sastra, dan sejarah sastra Indonesia.
      Sastra, khususnya sastra  Indonesia, sering diidentikan dengan seni dalam tulis menulis oleh masyarakat awam.Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena sebuah karya sastra yang dapat banyak aspek yang mendukung sebuah kesenian. Berbicara tentang seni, tidak dapat dilepaskan dari estetika. Seni memang tidak dapat dipisahkan dari sebuah keindahan walau sebuah seni itu belum tentu indah, namun setiap karya itu sedikit hanya memiliki estetika dimata sebagian orang. Keindahan ada dimana-mana. Disetiap pandangan alam terdapat keindahan. Bahkan setiap benda sedikit banyak menyiratkan keindahan, walupun sedikit keindahan dapat ditangkap oleh setiap indera manusia. Dengan indera itulah, manusia menikmati setiap keindahan yang ada. Khususnya karya sastra, manusia dapat merasakan keindahan dari tulisan-tulisan yang mencerminkan pemikiran dari sang penulis.

2. Rumusan Masalah
Penulis merumuskan masalah makalah ini adalah untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang:
1.Perkembangan teori sastra
2.Macam-macam teori sastra

3. Tujuan
       Mahasiswa / Mahasiswi penulisan ini dapat memberikan masukan tentang teori sastra dan sejarah sastra Dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan proses belajar dan pembelajaran

SEJARAH PERKEMBANGAN TEORI SASTRA

        Teoti sastra berasal dari kata theria(bahasa latin). Secara etimologis teori berarti kontemplasi terhadap kosmos dan realitas. Pada tataran yang lebih luas,dalam hubungannya dengan dunia keilmuan teori berarti perangkat penertian,konsep,proposisi yang mempunyai korelasi,yang telah teruji kebenarannya. Pada umumnya, teori dipertentangkan dengan praktik.setelah setelah suatu ilmu pengetahuan berhasil untuk mengabstraksikan keseluruhan konsepnya pada suatu rumusan ilmiah yang dapat diuji kebenarannya, yaitu teori itu sendiri,maka teori tersebut mesti dioperasikan secara praktis, sehingga cabang-cabang ilmu pengetahuan sejenis dapat dipahami secara lebih rinci dan mendalam.
      Teori berfungsi untuk mengubah dan membangun pengetahuan menjadi ilmu pengetahuan. Menurut Fokkema dan Kumme-ibsch(1977:175), penelitian terhadap karya sastra pada umumnya memanfaatkan pada teori-teori yang sudah ada.tradisa seperti ini dianggap memiliki kelemahan sebagai akibat penyederhanaan,eklektisisme,dan penyimpulan yang salah. Keuntungan yang diperoleh jelas bahwa peneliti diberikan kemudahan,peneliti tinggal menguji kembali dan menyesuaikannya dengan sifat-sifat objek.kecenderungan ini disebabkan oleh beberapa kenyataan,sebagai berikut:

1. teori-teori yang sudah ada dengan sendirinya sudan teruji, yaitu melalui kritik sepanjang sejarahnya
2. teori dianggap sebagai unsure yang sangat penting, lebih dari semata-mata alat
3. belum terciptanya sikap-sikap percaya diri atas hasil-hasil penemuan sendiri, khususnya dalam bidang teori.

Secara genesis dengan demikian dalam proses penelitian teori, diperoleh dua cara,yaitu:

1. peneliti memanfaatkan teori terdahulu, ada umumnya disebut sebagai teori formal, dengan pertimbangan bahwa teori tersebut secara formal sudah ada sebelumnya.teori formal seolah-olah bersifat deduksi dan apriori
2. peneliti memanfaatkan teori yang ditemukannya sendiri.teori yang diperoleh melalui manfaat,hakikat dan abstraksi data yang diteliti,pada umumnya disebut teori substansif sebab diperoleh melalui substansi data.

        Kedua jenis reori masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kekurangannya adalah tidak adannya aktivitas untuk menemukan teori yang baru, sehingga tejadi stagnasi dalam bidang teori.kelemahan teori formal ini terpenuhi oleh usaha peneliti yang mencoba menemukan teori substansif.
       Pemanfaatan teori formal menurut Vredenbreght, memiliki kelebihan dalam kaitannya dengan usaha peneliti sepanjang sejarahnya, untuk secara terus-menerus memperbaharui sekaligus mengujinnya melalui data yang berbeda-beda sehingga, teori makin lama makin sempurna. Teori ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang sastra diadopsi melalui pemikiran para sarjana barat. Tradisi seperti ini sering menimbulkan perdebatan diantara para sarjana Indonesia antara yang tidak setuju dengan yang setuju. Kelompk yang pertama menginginkan agar khasanah Indonesia dianalisis dengan menggunakan teori sastra Indonesia, dengan konsekuensi agar sarjana Indonesia dapat menemukan teori-teori sastra yang lahir melalui sastra Indonesia sebagai teori indonesia asli , sebaliknya yang kedua tidak mempermasalahkanperbedaan diantarannya, dengan pertimbangan sebagai berikut:

1. tradisi ilmu pengetahuan berkembang dibarat,demikian pula tradisi sastra
2. karya sastra sekaligus bersifat local dan universal
3. globalisasi, termasuk paradigma postmodernisme menghapuskan perbedaan antara barat dengan timur.

Sebuah teori disebut baik apabila memilii sifat-sifat sebagai berikut:
1. mudah disesuaikan dengan cirri-ciri karya yang akan dianalisis
2. mudah disesuaikan dengan metode dan teori yang menyertainnya
3. dapat dimanfaatkan untuk menganalisis, baik ilmu sejenis maupun berbeda
4. memiliki formula-formula yang sederhana tetapi mengimplikasikan jaringan analisis yang kompleks
5. memiliki prediksi yang dapat menjangkau objek jauh kemasa depan teori dan metode memiliki fungsi untuk membantu menjelaskan dua hubungan gejala atau lebih, sekaligus meramalan modol hubungan yang terjadi.

       Teori dan metode disamping mempermudah memahami gejala yang akan diteliti yang lebih penting adalah kemampuannya untuk memotivasi,mengevokasi,sekaligua memodifikasi pikiran peneliti.artinya dengan memanfaatkan teori dan metode tertentu maka dalam pikiran pneliti akan timbul kemampuan untuk memahami gejala sebelumnya yang sama sekali belum tampak. Sebagai alat, teori berfungsi untuk mengarahkan suatu penelitian, sedangkan analisia secara langsung dilakukan melalui instrument yang lebih konkret yaitu melalui metode dan teknik.

       Berbeda dengan objek, aspek kebaruan dalam teori dan metode merupakan syarat pokok.teori yang lama dengan sendirinya harus ditinggalkan, digantikan dengan teori dan metode yang baru.demikian seterusnya sehingga teori yang terakhirlah yang dianggap paling relevan. Intensitas terhadap kebaruan disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1. teori dan metode adalah alat dan cara penelitian
2. teori dan metode adalah hasil penemuan
3. teori dan metode adalah ilmu pengetahuan

       karya sastra sebagai objek penelitian, metode dan teori sebagai cara untuk meneliti, berkembang bersama-sama dalam kondisi yang saling melengkapi. Dalam khasanah sastra Indonesia aktivitas penelitian dengan memanfaatkan teori dan metode intuisif ekspresif sudah dimulai sejak periode pujangga baru.pesatnya erkembangan teori sastra selama satu abad sejak awal abad ke-20 hingga awal abad ke-21 dipicu oleh beberapa indikator, sebagai berikut:

1. medium utama sastra adalah bahasa, sedangkan dalam bahasa itu sendiri sudah terkandung problematika yang sangat luas
2. satra memasukkan berbagai dimensi kebudayaan, sedangkan dalam budaya itu sendiri juga sudah terkandung permasalahan yang sangat beragam
3. teori-teori utama dalam sastra sudah berkembang sejak zaman plato dan aristoteles, yang dengan sendirinya telah dimatangkan dengan berbagai disiplin, khususnya filsafat
4. kesulitan dalam memahami gejala sastra memicu para ilmuan untuk mnemukan berbagai cara sebagai teori yang baru
5. ragam sastra sangat banyak dan berkembang secara dinamis, kondisi-kondisi sastra yang juga memerlukan cara pemahaman yang berbeda-beda

Macam-Macam Teori Sastra dan Pengertiannya
Membicarakan mengenai sastra, pastinya akan membicarakan teori sastra yang menunjang di dalamnya. Sebagai tonggak utamanya berdiri sebuah karya sastra, jelas kehadiran teori sastra menjadi bagian terpenting di dalamnya.

      Dalam karya sastra yang menggunakan bahasa Inggris, baik sastra Inggris maupun Amerika masing-masing menganut teori yang sama dalam menjabarkan karya. Berikut akan dibahas tiga teori sastra yang sering digunakan dalam belajar bahasa Inggris melalui karya sastra.


Teori Psikoanalisis


Teori ini menganggap bahwa karya sastra selalu membahas peristiwa kehidupan manusia. Manusia yang memiliki perilaku yang beragam dipengaruhi oleh kondisi psikologis seseorang yang akan mempengaruhi kehidupannya. Secara langsung karya sastra adalah produk dari jiwa dan pemikiran pengarang yang berada dalam kondisi setengah sadar. Para pakar psikologis yang terkenal dalam pendekatan teori ini adalah Jung, Adler, Freud, dan Brill memberikan banyak kontribusinya terhadap teori ini..


Teori ini biasanya terbagi dalam tiga aspek yaitu Id, Ego dan Superego. Id adalah naluri makhluk hidup dalam rangka mempertahankan eksistensinya di muka bumi. Ego adalah komponen kepribadian yang bertanggung jawab dalam menangani sebuah realitas (memuaskan keinginan Id dengan cara yang realitas). Superego adalah pengendali Id dan Ego yang berasal bukan dari diri sendiri melainkan penyerapan standar aturan dan pranata dari pendidikan orang tua dan lingkungan sekitar.


Teori Struktural

Teori ini tidak memperlakukan karya sastra sebagai objek kajiannya karena yang menjadi kajiannya adalah sistem sastra itu sendiri. Hal ini dapat dilihat dari hubungan berbagai unsur dalam teks sastra sehingga unsur-unsur tersebut berkaitan satu sama lain dalam keseluruhan yang utuh. Teori ini dapat dideskripsikan terpisah dari pengarang ataupun realitas sosial.



Teori Feminisme


Teori ini adalah cerminan realitas sosial patriarki. Berawal dari gejolak para perempuan yang tertindas oleh sistem sosial patriarki, teori feminisme ini tidak berdiri di dalam satu aliran. Feminisme terdiri atas beberapa aliran seperti aliran liberalis, marxis, sosialis, eksistensialis, psikoanalitik, radikal, postmodern, dll. Tokoh-tokoh terkemuka dalam teori ini adalah Helena Cixous, Virginia Wolf, dan Kate Millet.


Dengan adanya teori ini, semakin banyak bermunculan sastrawati bahkan para wanita yang telah membuat karya sastra dengan menggunakan nama laki-laki mulai berani menunjukan siapa jati diri sebenarnya.


DAFTAR PUSTAKA

    Teeuw Andries, Sastra dan Ilmu Sastra, Jakarta: Pustaka Jaya, 1988

Sunday, December 06, 2015

CARA MENDAFTAR GMAIL/AKUN GOOGLE

CARA MENDAFTAR GMAIL/AKUN GOOGLE

Gmail….? Admin percaya pasti banyak sekali yang sudah mengenal apa itu Gmail? Gmail adalah Layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis yang banyak sekali manfaatnya …dengan menggunakan Gmail kita bisa mengirm surat atau data-data dengan cepat, Bisa Gabung di Sosial Media Google (+), Bisa Buat Blog Gratis di Blogspot, juga bisa masukin video ke Youtube (Upload Vidio) dan banyak lagi keunggulan Gmail yang tidak bisa admin sebutkan satu persatu …Karena yang ingin admin posting kali ini adalah bagaimana caranya untuk mendaftar Akun Gmail Layanan Milik Google ini….

 Baiklah jika agan-agan ingin memiliki akun Gmail berikut Ulasannya …

 Pertama Sakali kunjungi Alamat Gmail atau Klik Disini

 Nah agan akan dibawak ke tampilan seperti gambar di bawah ini …

         

 Langkah-langkahnya :

1.      Kolom Pertama isikan Nama Depan dan Nama Belakang Agan

2.      Isikan Nama Email yang akan agan suka tanpa sepasi

Contoh (Mawarkusumadewi11)

Catatan 1.@gmail.com sudah Otomatis jadi tidak usah di isi lagi

2.Jika nama Pengguna Sudah ada yang memakai coba isikan angka atau ganti dengan nama lain.

3.      Buat sandi agan paling sedikit 8 karakter

4.      Ulangi lagi kata sandi yang agan masukkan tadi

5.      Isikan Tahun lahir Bulan dan Tanggal lahir agan

6.      Gender Isi Pilih Jenis Kelamin Agan

7.      Lalu isikan No Hp Agan

8.      Untuk Alamat Email Anda saat Ini Sebaiknya agan kosongin aja

9.   Isikan Verifikasi yang ada digambar Untuk membuktikan kalo agan memang ingin mendaftar Gmail

10.  Lalu ceklis Saya Menyetuji Persyaratan Layanan

11.  Klik Berikutnya ..

12.  Nah nanti agan akan diminta Verifikasi Akun Menggunakan No telepon agan .

Agan bisa mimilih lewat sms aja dan klik lanjutkan dan kemudian tunggu beberapa Menit

13.  Coba sekarang lihat Hp agan nah nanti akan ada SMS kode nomor  Verifikasi dari Akun Google masukkan kode SMS tersebut ke kolom Verifikasi yang sudah di sediakan..

14.  Nah sampai disitu Akun Gmail agan sudah selesai dibuat…..Tinggal Agan saja yang mengaitkan untuk semua Fasilitas Gmail ..Untuk lebih jelas agan bisa memilih di Google Apps sebelah pojok kanan
 

Sampai disini dulu yang bisa Admin posting mudah-mudahan postingan admin ini bermanfaat buat agan-agan semua …terimakasih untuk agan-agan semua yang sudah berkunjung…Semoga kita bisa berjumpa kembali dipostingan admin selanjutnya…
CARA MENGAMBIL GAMBAR DI DESKTOP

CARA MENGAMBIL GAMBAR DI DESKTOP

            Untuk mengambil gambar didestop sebenarnya sangat mudah dilakukan……tapi untuk seorang pemula mungkin masih ada yang bertanya-tanya gi mana si caranya mengambil gambar di destop ….apakah itu yang sedang agan-agan pikirkan sekarang?…jika agan-agan ingin mengambil gambar di tampilan desktop agan …..agan bisa mengikuti langkah-langkah yang admin akan posting dibawah ini?...

            Pertama     : Agan pilih dulu bagian mana yang akan agan ambil gambarnya
            Kedua       : Agan lihat keyboard agan cari tulisan PrtSc di keyboard agan, dan tekan satu
                                Kali aja …
            Ketiga        : Agan coba Klik Star pilih All Program sorot ke Microsoft Office
                                Dan Pilih Microsoft Office Picture Manager
            Biar Lebih Jelas Agan bisa lihat gambar dibawah ini….


Dan pastekan di My Picture

            Nah Sampai disitu sebenarnya gambar desktop sudah selesai diambil
Tetapi jika agan ingin mengambil bagian tertentu yang agan perlukan agan tinggal klik dua kali di gambar tersebut dan pilih edit Picture lalu Pilih Crop..tinggal Crop saja bagian yang diperlukan.. Setelah selesai Tinggal Ok dan jangan lupa Save Gambar yang sudah akan Crop. 

            Gimana Gan Mengambil Gambar Di Desktop Gampangkan …

          Mungin sampai disinilah yang bisa admin posting…mudah-mudahan bermanfaat untuk agan-agan semua..Terimakasih sudah berkunjung di Blog saya… Selamat berjumpa kembali di postingan saya selanjutnya….

Saturday, December 05, 2015

CARA DOWNLOAD VIDIO DI YOUTUBE MENGGUNAKAN IDM

CARA DOWNLOAD VIDIO DI YOUTUBE MENGGUNAKAN IDM

         Mungkin sudah banyak sekali yang membahas Cara Memunculkan Tombol Download Di Youtube Menggunakan IDM di internet. Tapi tak ada salahnyakan jika admin ikut membahas….karena berbagi ilmu kan juga amal …..hehehe …tapi bagi agan..yang belum bisa Memunculkan Tombol Dowload Di Youtube Menggunakan IDM agan-agan bisa mempraktekkan cara yang kan admin posting kali ini …tanpa banyak basa-basi lagi mungkin kita bisa langsung saja ketopik utama…..
1.      Pertama agan download dulu yang namanya IDM…agan-agan bisa cari di Geoogle ya…
2.      Nah jika sudah selesai langung aja diisntal …..(Untuk Instalasi Idm Mungkin Itu tidak perlun admin bagikan lagi…..D)
3.      Setelah selesai diinstal coba exit symbol Idm yang ada sebelah kanan pojok bawah tampilan desktop agan
Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini…

4.      Sekarang coba agan tutup semua tap di  browser agan …dan keluar dari browser agan…
5.      Jika sudah …Sekarang agan buka kembali browser agan nanti akan ada tampilan tap baru di browser agan …lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini….

6.      Silahkan agan centeng Tanda Allow This Instalasion jika agan menggunakan mozilla dan enable jika agan menggunakan Geoogle Crome  … di tap baru itu….. Klik Continue….dan Klik lagi Restart Ferefox…

7.      Nah jika sudah selesai…agan bisa masuk ke youtube …dan agan akan menemukan Lingk Download di youtube …

 
Gampangkan….jika ada kemauan pasti ada jalan….mungkin itu dulu yang bisa admin posting kali…mudah-mudahan bermanfaat bagi agan-agan semua...  

Friday, December 04, 2015

Cara Mengatasi Komputer Yang Kehilangan Suara (Sound)

Cara Mengatasi Komputer Yang Kehilangan Suara (Sound)



Pernahkah agan-agan mengalami pada computer agan tiba-tiba kehilangan suara atau sedang mengalaminya sekarang… padahal jika cek driver sound sudah terinstal semua….hal itu baru-baru ini terjadi pada admin…sewaktu baru menyalakan computer dan admin pun mau mencoba mendengarkan music…tiba-tiba suaranya tidak ada…. coba cek mute pada posisi aman…. admin pikir headset admin yang rusak…tapi admin tidak langsung percaya dengan firasat buruk admin….dan admin cek control panel masuk ke sound di situ admin mendapatkan pada Menu Sound Audio Devices Properties tertera tulisan No Audio Device......Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini ….



Dan admin pun berpendapat inilah masalahnya mengapa suara hilang …..

Berikut adalah cara admin mengatasi masalah di atas yang admin gunakan ……

1.      Klik Star
2.      Masuk Run
3.      Ketikkan “Service.msc” tanpa tanda petik  klik ok
4.      Nah Disitu nanti akan muncu Menu Services
5.      Coba Sekarang agan cari Windows Audio dan Klik dua kali Windows Audio
6.      Setelah itu akan muncul Windows Audio Properties (Local Komputer)
7.      Nah di Tab General Lihat Posisi Startup Type Ubah Menjadi Automatic
8.      Setelah di ubah langsung saja klik Star 
9.      Klik Ok

Nah Sekarang coba sekarang buka music agan …mudah-mudahan sudah bisa dan kembali normal kembali….

Sekian dulu yang bisa admin posting kali ini ,,..mudah-mudahan postingan admin ini bermanfaat buat agan-agan semua …Terimakasih sudah berkunjung di Kamil Blog….Selamat berjumpa kembali dipostingan-postingan admin selanjutnya …..

Tuesday, December 01, 2015

no image

Cara Mengembalikan Data File Yang Hilang Di Flashdiks Karena Virus

           Pernahkah agan-agan mengalami Flashdisk tiba-tiba kosong sementara jika dilihat dari properties masih menunjukkan ada isinya. Hal inilah yang baru saja saya alami…..sangat kaget rasanya ….karena isi dari Flashdisk tersebut sangatlah penting…..saya pikir tadinya Flashdisk saya terformat…langsung saja saya cek diproperties ternyata masih ada isinya…dan saya berpikir mungkin saja Flashdisk saya ada virus yang menutupi… ..dan tanpa basa-basi saya lalu menghapusnya dengan Sofware Smadav….dan ternyata berhasil…

Dan berikut adalah cara yang saya gunakan waktu mengembalikan data yang hilang karena di sembunyikan Virus…

1.      Colokkan Flaasdisk Agan ke CPU PC/Leptop agan 
2.      Kemudian Buka Smadav agan…Kalo Belum Punya Silah Agan download dulu....
3.      Di Tap Scanner Ceklis Nama Flaashdisk Agan
4.      Kemudian Klik Scan
Nah tunggu sebentar Flaasdisk agan sedang dalam pembersihan
Setelah di bersihkan agan tinggal klik Ok . 

Nah sampai disini coba cek isi Flaashdisk agan …dan lihat hasilnya data di Flaahdisk  agan sudah kembali.

Sekian dulu yang bisa yang bisa saya posting ….mudah-mudahan postingan ini bisa membantu dan bermanfaat buat agan-agan semua …Terimakasih.